TUGAS 3 _ PENGEMBANGAN RENCANA BISNIS INFORMATIKA PADA BUKALAPAK



Kelompok 3 :

  1. Aji Bangun P. (50416443)
  2. Dimas Gumelar S. (52416044)
  3. Farhan Taufik H. (52416658)
  4. Jourdan Paulus M. (53416771)
  5. M. Farhan Febrianza (54416168)
  6. Riski Afrialam (56416484)
  7. Zainal Abidin (57416908)

Ruang Lingkup Bukalapak.com

Bukalapak.com hanya mengizinkan jual beli barang yang bisa dikirim melalui jasa pengiriman, sehingga jasa dan kerjasama dagang (franchise) tidak dapat diperdagangkan melalui Bukalapak.com terkecuali ada kerja sama resmi dengan pihak Bukalapak.com.
Barang-barang yang dapat diperdagangkan di Bukalapak.com merupakan barang yang tidak tercantum di daftar “Barang Terlarang”.
Bukalapak.com tidak bertanggung jawab atas kualitas barang, proses pengiriman, rusaknya reputasi pihak lain, dan/atau segala bentuk perselisihan yang dapat terjadi antar pengguna situs.
Bukalapak.com memiliki kewenangan untuk mengambil tindakan yang dianggap perlu terhadap akun yang diduga dan/atau terindikasi melakukan penyalahgunaan, memanipulasi, dan/atau melanggar peraturan di Bukalapak.com, mulai dari melakukan moderasi, menghentikan layanan “Jual Barang”, maupun menutup akun tersebut tanpa memberikan pemberitahuan atau informasi terlebih dahulu kepada pemilik akun yang bersangkutan.
BL Payment System bersifat mengikat pengguna Bukalapak.com dan hanya menjamin dana pembeli tetap aman jika proses transaksi dilakukan dengan pelapak yang terdaftar di dalam sistem Bukalapak.com. Kerugian yang diakibatkan keterlibatan pihak lain di luar pembeli, pelapak, dan Bukalapak.com, tidak menjadi tanggung jawab Bukalapak.com.

Besar Omset Pertahun

Melansir laporan keuangan EMTK paruh pertama 2019, tercatat bahwa Bukalapak dikategorikan sebagai pihak berelasi dengan total pendapatan sebesar Rp 69,77 miliar. Nilai tersebut anjlok 41,4% jika dibandingkan dengan pemasukan semester I-2018 senilai Rp 119,05 miliar.
Sebagai informasi, dikarenakan porsi kepemilikan EMTK atas Bukalapak di antara 20%-50%, maka perhitungannya menggunakan metode ekuitas. Alhasil, bisa dikatakan bahwa pendapatan Bukalapak yang tertera pada laporan keuangan EMTK bukanlah total pendapatan perusahaan e-commerce besutan Achmad Zaky tersebut.
Merujuk pada laporan keuangan EMTK terlihat bahwa kontribusi pendapatan terkoreksi cukup dalam di tahun ini. Padahal sejak tahun 2016 pemasukan yang dicatatkan tumbuh signifikan. Sepanjang tahun lalu, pendapatan Bukalapak yang dibukukan EMTK bahkan mencapai Rp 297,07 miliar.
2

Regulasi dan Prosedur Pendirian Perusahaan

Bentuk Usaha BukaLapak

Bukalapak merupakan perusahaan e-commerce / online marketplace di Indonesia (biasa dikenal juga dengan jaringan toko daring) yang dioperasikan oleh PT. Bukalapak.com sejak tahun 2010.[2] Bukalapak menjadi salah satu dari 4 perusahaan rintisan yang nilai valuasinya lebih dari $1 miliar asal Indonesia pada tahun 2017. Bentuk usaha Bukalapak sendiri yaitu Perseoran Terbatas. Yaitu artinya adalah badan usaha sekaligus badan hukum yang terdiri dari para pemegang saham yang disebut stockholder dengan tanggung jawab terbatas terhadap utang-utang perusahaan sebesar modal yang mereka tanamkan.
Ciri-ciri Perseroan Terbatas :
  • Kewajiban terhadap pihak luar hanya terbatas pada modal yang disetorkan.
  • Mudah dalam peralihan kemepimpinan.
  • Usia PT tidak terbatas.
  • Mampu untuk menghimpun dana dalam jumlah yang besar.
  • Bebas untuk melakukan berbagai aktivitas bisnis.
  • Mudah mencari karyawan
  • Dapat dipimpin oleh orang yang tidak memiliki saham.
  • Pajaknya berganda antara Pajak Penghasilan dan Pajak Deviden
Kelebihan  Perseroan Terbatas :
  • Mudah dalam peralihan kepemimpinan.
  • Mudah memperoleh tambahan modal.
  • Kelangsungan perusahaan sebagai badan hukum lebih terjamin.
  • Lebih efisien dalam manajemen pengolahan sumber-sumber modal.
Kekurangan Perseroan Terbatas :
  • Pajaknya berganda antara Pajak Penghasilan dan Pajak Deviden.
  • Pendiriannya memerlukan akta notaris dan ijin khusus usaha tertentu.
  • Biaya pembentukan PT relatif tinggi.
  • Terlalu terbuka dalam pelaporan kepada pemegang saham.

Prosedur dan Legalitas Perusahaan BukaLapak

Bagi perusahaan skala besar seperti bukalapak, hal ini menjadi prinsip yang tidak boleh dihilangkan demi kemajuan dan pengakuan atas perusahaan yang bersangkutan. Hasil akhir pada tahapan ini adalah sebuah izin prinsip yang dikenal dengan Letter of Intent yang dapat berupa izin sementara, izin tetap hinga izin perluasan. Untuk beberapa jenis perusahaan misalnya, sole distributor dari sebuah merek dagang, Letter of Intent akan memberi turunan berupa Letter of Appointment sebagai bentuk surat perjanjian keagenan yang merupakan izin perluasan jika perusahaan ini memberi kesempatan pada perusahaan lain untuk mendistribusikan barang yang diproduksi. Berikut ini adalah dokumen yang diperlukan, sebagai berikut :
1. NPWP
Bagi para pemilik usaha, perusahaan wajib didaftarkan untuk mendapatkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Badan jika merupakan Wajib Pajak yang telah memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan bidang perpajakan. Adapun persyaratan NPWP bagi Badan Usaha seperti yang dilansir situs resmi Kementerian Keuangan RI adalah:
  1. Wajib Pajak Badan yang memiliki kewajiban perpajakan sebagai pembayar, pemotong dan/atau pemungut pajak sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan, termasuk bentuk usaha tetap dan kontraktor dan/atau operator di bidang usaha hulu minyak dan gas bumi.
  2. Wajib Pajak Badan yang hanya memiliki kewajiban perpajakan sebagai pemotong dan/atau pemungut pajak sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan, termasuk bentuk kerjasama operasi (Joint Operation).
2. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dikeluarkan oleh Dep. Perdagangan.
SIUP adalah surat izin untuk dapat melaksanakan kegiatan perdagangan. Kepanjangan dari SIUP adalah Surat Izin Perdagangan merupakan salah dokumen penting yang diwajibkan bagi perorangan atau badan usaha yang akan mendirikan usaha perdagangan agar keberadaan kegiatan usaha Anda bisa mendapatkan izin untuk menjalankan bisnis perdagangan.
Untuk membuat SIUP tidak mesti menjadi pedagang skala besar atau skala global. Meskipun masih pedagang regional dalam skala kecil disarankan untuk mengurus SIUP. Karena sudah ada kebijakan yang mengatur bahwa setiap perusahaan, koperasi, persekutuan maupun perusahaan perorangan yang melakukan kegiatan usaha perdagangan wajib melakukan pengurusan SIUP yang dikeluarkan berdasarkan domisili perusahaan dan berlaku di seluruh wilayah Republik Indonesia.
Keuntungan Perusahaan Jika Telah Mengurus SIUP :
Memiliki Surat Izin Perdagangan tentunya menguntungkan, makanya banyak perusahaan bahkan perorangan ingin memilikinya. Berikut keuntungan perusahaan jika telah memiliki SIUP yaitu
  1. Karena telah memiliki alat pengesahan yang dikeluarkan oleh pemerintah sehingga dalam kegiatan usaha tidak akan terjadi masalah perizinan.
  2. Dengan memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan bisa memperlancar perdagangan ekspor dan impor.
  3. Bisa mengikuti kegiatan lelang yang diselenggarakan oleh pemerintah. Karena syarat mengikuti kegiatan tersebut adalah telah memiliki SIUP.
3.Tanda Daftar Perusaaan (TDP)
Tanda Daftar Perusahaan (TDP) adalah daftar catatan resmi yang diadakan menurut atau berdasarkan ketentuan undang-undang atau peraturan-peraturan pelaksanaannya, dan memuat hal-hal yang wajib didaftarkan oleh setiap perusahaan serta disahkan oleh pejabat yang berwenang.
Setiap perusahaan wajib memiliki Tanda Daftar Perusahaan (TDP) baik berbentuk badan hukum, koperasi, perorangan, dll.
Setiap perusahaan yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT), Koperasi, Persekutuan Komanditer (CV), Firma (Fa), Perorangan, dan Bentuk Usaha Lainnya (BUL), termasuk Perusahaan Asing dengan status Kantor Pusat, Kantor Tunggal, Kantor Cabang, Kantor Pembantu, Anak Perusahaan, Agen Perusahaan, dan Perwakilan Perusahaan yang berkedudukan dan menjalankan usahanya di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia wajib didaftarkan dalam daftar perusahaan.
Pendaftaran wajib dilakukan oleh pemilik atau pengurus perusahaan, atau dapat diwakilkan kepada orang lain dengan memberi surat kuasa.
Tanda Daftar Perusahaan berlaku selama Perusahaan tersebut masih beroperasi dan wajib didaftarkan ulang setiap 5 (lima) tahun.
Perusahaan yang dikecualikan dari Wajib Daftar Perusahaan adalah :
  • Setiap perusahaan yang berbentuk jawatan (Perjan).
  • Perusahaan kecil perorangan yang tidak memerlukan izin usaha
Dasar Hukum :
  • Undang-undang Republik Indonesia No. 3 tahun 1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan
  • Peraturan Daerah Kabupaten Sleman No. 14 tahun 2002 tentang Wajib Daftar Perusahaan.
  • Surat Keputusan Menperindag No:596/MPP/Kep/9/2004 tentang Standart Penyelenggaraan Wajib Daftar Perusahaan
4. Izin Gangguan
Izin Gangguan (HO) adalah izin kegiatan usaha kepada orang pribadi / badan dilokasi tertentu yang berpotensi menimbulkan bahaya kerugian dan gangguan, ketentraman dan ketertiban umum tidak termasuk kegiatan/tempat usaha yang lokasinya telah ditunjuk oleh Pemerintah Pusat atau Daerah.
Dasar hukum izin ini adalah Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.
Selain itu, masih ada Peraturan Daerah Kabupaten/Kota yang mengatur secara rinci tentang Retribusi Izin Gangguan. Bahkan pada kabupaten tertentu ada yang menerapkan rumus untuk nenentukan besar biaya retribusi ini. Misalnya, Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor mengeluarkan Perda No. 10 Tahun 2012, yang secara rinci mengatur besar retribusi untuk izin ini.
5. Setoran Pajak
SSP atau Surat Setoran Pajak adalah bukti pembayaran atau penyetoran pajak wajib pajak menggunakan formulir atau dengan cara lainnya ke kas negara melalui tempat pembayaran yang telah ditunjuk menteri keuangan.
Jadi, SSP juga dikenal sebagai media atau formulir yang digunakan wajib pajak ketika ingin membayar pajak. Bentuk formulir SSP dan penjelasannya tercantum dalam Peraturan Direktorat Jenderal Pajak Nomo PER-24/PJ/2013 tentang Bentuk Formulir Surat Setoran Pajak.

SDM Dan Organisasi

Struktur Organisasi BukaLapak

Struktur organisasi yang digambarkan dalam bagan organisasi merupakan sumber otoritatif. Dari struktur organisasi dapat terlihat tugas, wewenang, dan tanggung jawab dari masing-masing bagian dalam organisasi dan hubungan antar bagian dalam organisasi itu. Suatu struktur organisasi yang baik apabila dilaksanakan dengan konsekuensi akan menjadi dasar kuat bagi tercapainya tujuan perusahaan. Berikut struktur organisasi yang terdapat pada perusahaan Bukalapak.com di divisi marketing.
1.png
Adapun tugas dan wewenang dari setiap bagian dari struktur organisasi Bukalapak.com pada divisi marketing adalah sebagai berikut:
a) Marketing Division
Divisi Marketing betugas untuk membuat Bukalapak.com semakin laku di pasaran bisa dilihat dari sisi pertumbuhan penjual, pembeli, citra dan komunitas yang terbentuk, Divisi Marketing menjadi 4 subdivisi yaitu:
  1. MerchantRelations
  2. ADS
  3. Growth
  4. Community
  • Merchant Relations
Subdivisi Merhant Relations memiliki tugas untuk membangun relasi antar seller. Dimulai dari top seller, sampai ke seller yang baru. Selain itu adanya subdivisi public relations di sini membuat divisi ini pun bertanggung jawab kepada relasi dengan publik. Pada Merchant Relations terbagi menjadi 2 subdivisi:
  • MerchantAcquisition
Merhant Acquisition bertugas untuk membangun relasi kepada Top Seller maupun calon seller yang akan dipersuasi untuk join berjualan di Bukalapak.com maupun dengan menggunakan agen untuk memperkaya barang yang ada di Bukalapak.com.
  • Public Relations
Public Relations bertugas untuk membangun relasi dengan media untuk publisitas positif. Mengelola social media (facebook & twitter) dan juga pengelolaan newsletter serta memantau pemberitaan baik positif dan negatif perusahaan.
b) ADS
Subdivisi ADS memiliki tugas untuk memastikan ADS apa yang efektif untuk Bukalapak.com dan mengimplementasikannya. Seperti memasang ADS pada google.
c) Growth
Subdivisi Growth bertugas untuk membangun dan mempertahankan growth Bukalapak.com yang dipantau melalui google analytics. Growth di sini dimaksudkan dengan kunjungan ke dalam situs Bukalapak.com. Ada 4 yang dilihat dalam pertumbuhan growth Bukalapak.com itu sendiri. Pertama dilihat dari SEO (organik dari google search), Direct Link (langsung ke situs), Social Media, dan SEM.
d) Community
Subdivisi Community memiliki jobdesk untuk menjalin relasi dengan komunitas komunitas seller dari segala region di Indonesia. Seperti membuat gathering seller Jakarta, Bandung dan Semarang. Memantau perkembangan komunitas seller melalui whatsapp group. Melakukan kunjungan-kunjungan ke institusi pendidikan untuk melakukan branding Bukalapak.com itu sendiri.

Fungsional BukaLapak
Bukalapak memiliki program untuk memfasilitasi para UKM yang ada di Indonesia untuk melakukan transaksi jual beli secara online. Hal ini dikarenakan transaksi melalui online dapat mempermudah UKM dalam menjual produk-produk yang mereka miliki tanpa harus memiliki toko offline.Untuk yang telah memiliki toko offline, Bukalapak mengharapkan dengan adanya situs tersebut dapat membantu meningkatkan penjualan toko offline tersebut. 

Divisional BukaLapak
Achmad Zaky
Achmad Zaky (lahir di Sragen, Jawa Tengah, 24 Agustus 1986) merupakan pendiri dan menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO) Bukalapak sejak tahun 2010. Zaky mendapat gelar Sarjana Informatika dengan predikat cum laude dari Institut Teknologi Bandung.[29] Pada tahun 2016 Zaky menerima Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden Indonesia, Ir. Joko Widodo [30]. Tanda Kehormatan ini merupakan penghargaan negara yang diberikan oleh Presiden atas jasa dan darma bakti seseorang kepada bangsa dan negara[31][32].
Muhammad Fajrin Rasyid
Muhammad Fajrin Rasyid (lahir di Jakarta, 11 September 1986) merupakan Co-Founder dan Presiden Bukalapak yang bertanggung jawab atas inisiatif strategi perusahaan dan rencana jangka panjang serta kemitraan dengan pihak eksternal. Sebelumnya, Fajrin menduduki jabatan Chief Financial Officer (CFO) Bukalapak selama tujuh tahun[33]. Muhammad Fajrin Rasyid merupakan lulusan Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan IPK 4.0[34]
Nugroho Herucahyono
Nugroho Herucahyono (lahir di Karanganyar, 7 Maret 1987) merupakan co-founder dan Chief Technology Officer (CTO) Bukalapak. Sama seperti Zaky dan Fajrin, Nugroho juga mendapatkan gelar Sarjana Teknik Informatika dari Institut Teknologi Bandung[35].

Deskripsi dan Spesifikasi Tugas BukaLapak

Bukalapak adalah salah satu online marketplace ternama di Indonesia. Perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce ini, menyediakan sarana jual-beli antara konsumen yang satu ke yang lainnya. Melalui situs resminya, Bukalapak.com, siapa pun bisa membuka toko online dan mencari pembeli yang berasal dari seluruh Indonesia dengan jaminan keamanan dalam bertransaksi. Perusahaan yang berpusat di Jakarta ini memiliki tagline “Jual-beli online mudah dan terpercaya” karena perusahaan ini berkomitmen kuat dalam menjaga kepercayaan kliennya. Bukalapak juga memberikan jaminan 100% uang kembali jika pembeli barang tidak mendapatkan barang yang telah dibelinya dari si penjual. Perusahaan ini pun memiliki misi untuk memberdayakan UKM yang ada di seluruh wilayah Nusantara.

Sistem Penggajian BukaLapak

Peraturan Sistem Penggajian yang Berlaku di Indonesia :
  1. Upah wajib dibayarkan kepada Pekerja/buruh yang bersangkutan (Pasal 17 ayat 1).
  2. Pengusaha wajib memberikan bukti pembayaran upah yang memuat rincian upah yang diterima oleh pekerja/buruh pada saat upah dibayarkan (pasal 17 ayat 2).
  3. Pengusaha wajib membayar upah pada waktu yang telah diperjanjikan antara pengusaha dengan pekerja/buruh (pasal 18).
  4. Pembayaran upah harus dilakukan dengan mata uang rupiah Negara Republik Indonesia (pasal 21).
  5. Dalam hal upah dibayarkan melalui bank, maka upah harus sudah dapat diluangkan oleh pekerja/buruh pada tanggal pembayaran upah yang disepakati kedua belah pihak..
Sistem Penggajian Karyawan :
  1. Bagian HRD menerima data kehadiran yang sudah valid untuk kemudian diproses dalam penggajian per orang.
  2. Menghitung bagian pajak PPh 21 berdasarkan status jabatan maupun status keluarga.
  3. Kemudian menerima rekapan revisi perhitungan pajak gaji dari bagian pajak, lalu membuat slip gaji dan daftar gaji ke seluruh karyawan.
  4. Di evaluasi oleh departemen atau divisi keuangan.
  5. Jika tidak ada evaluasi atau kesalahan, membuat cek tunai sebesar jumlah gaji seluruh karyawan lalu menyerahkannya kepada pimpinan perusahaan.
  6. Cek tunai/bilyet kemudian ditransfer ke bank mitra untuk kemudian di transfer ke rekening masing-masing karyawan.
Faktor yang Memengaruhi Besarnya Gaji Karyawan :
  1. Golongan
  2. Jabatan
  3. Masa Kerja
  4. Pendidikan
  5. Kompetisi

Aspek Pemasaran

Spesifikasi Produk / Jasa BukaLapak

Dalam pemasaran, produk adalah segala sesuatu yang bisa ditawarkan ke pasar dan dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Kepuasan konsumen tidak hanya mengacu pada bentuk fisik produk, melainkan satu paket kepuasan yang didapat dari pembelian produk Kepuasan tersebut merupakan akumulasi kepuasan fisik, psikis, simbolis, dan pelayanan yang diberikan oleh produsen.
Produk identik dengan barang. Dalam akuntansi, barang adalah obyek fisik yang tersedia di pasar. Sedangkan produk yang tidak berwujud disebut jasa. Dalam manajemen produk, identifikasi dari produk adalah barang dan jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Kata produk digunakan untuk tujuan mempermudah pengujian pasar dan daya serap pasar, yang akan sangat berguna bagi tenaga pemasaran, manajer, dan bagian pengendalian kualitas.
Jasa yang ditawarkan oleh BukaLapak adalah layanan yang menghubungkan antara penjual dan pembeli agar bisa bertransaksi dengan aman dan mudah.

Segmentasi Produk / Jasa BukaLapak

Segmentasi BukaLapak dapat berdasar pada Geografitasi segmentation, Demographic segmentation, Psychographic segmentation dan Behavioral segmentation.
  1. Geografitasi segmentation, segmentasi geografis BukaLapak yaitu seluruh daerah Indonesia yang mampu mengakses internet.
  2. Demographic segmentationsegmentasi demografis BukaLapak dengan usia 17 tahun ke atas dan jenis kelamin pria dan wanita.
  3. Psychographic segmentationsegmentasi psikologi BukaLapak yaitu orang yang ingin menjual dan membeli produk melalui internet dengan tingkat keamanan dan kenyamanan yang baik.
  4. Behavioral segmentation, segmentasi perilaku BukaLapak yaitu orang yang mempunyai kesibukan dan dapat membeli barang yang diinginkan kapanpun dan di manapun melalui internet.
Berdasarkan aspek manfaat yang dinilai pada segmentasi produk dan jasa yang dimiliki oleh Bukalapak :
  1. Notifikasi SMS setiap ada pesanan, Pelapak akan mendapatkan SMS (jaringan GSM) setiap ada pesanan. Pelapak bisa fokus jualan online tanpa buang-buang waktu melayani calon pembeli yang tidak serius.
  2. Feedback positif setiap transaksi sukses, Pelapak akan mendapatkan feedback positif secara otomatis dari sistem walaupun pembeli tidak memberikan feedback saat transaksi.
  3. Kepastian menerima uang pembayaran, Pelapak langsung menerima uang pembayaran setelah pembeli memberi konfirmasi terima barang atau 1×24 jam setelah barang terkirim menurut kurir.
  4. Prioritas di mesin pencarian, Setiap halaman barang pelapak telah melalui proses SEO (Search Engine Optimization) agar tampil lebih unggul di mesin pencarian seperti Google dan lainnya.
  5. Perhitungan ongkos kirim otomatis, Pelapak tidak perlu repot menghitung ongkos kirim karena sistem akan otomatis menghitung ongkos kirim yang harus dibayar oleh pembeli.
  6. Edukasi Kewirausahaan Online, Bukalapak terus membangun semangat kewirausahaan kepada pelapak dan pembeli dengan memberikan tips dan trik jualan online.

Analisis Situasi Pasar BukaLapak

Analisis situasi pasar pada perusahaan BukaLapak berdasarkan Analisis SWOT :
  • Strengh (Kekuatan) :
    • Mudah di akses dari Web maupun mobile
    • Mudahnya pencarian barang karena banyaknya penjual
    • Sering adanya discount bagi pembeli tetapi tidak meruggikan penjual
    • Adanya Sistem Payment Sistem
  • Weakness (Kelemahan):
    • Karena Sistem Payment Uang yang seharusnya langsung ke penjual ke tahan di rekening BukaLapak sehingga perputaran uang untuk penjual sedikit lama
    • Apabila ada customer yang memberika feedback negative akan berpengaruh pada reputasi penjual
  • Opportuity (Peluang):
    • Membuat inovasi dan diskon pada hari tertentu
    • Bisa menjangkau seluruh indonesia
    • Banyaknya penjual yang dapat menjaual barang nya
  • Threats (Ancamam)
    • Persaingan dengan situs jual beli lain yang hampir sama
    • Apabila tidak ada program dan inovasi akan tertinggal oleh situs jual beli yang lain

Aspek Pemasaran

Aspek pemasaran adalah faktor penting yang dijadikan kunci keberhasilan bagi perusahaan dalam memetakan suatu pasar. Dengan mengenali aspek tersebut, seseorang dapat melakukan studi kelayakan bisnis sehingga ia dapat menganalisa bisnis tersebut layak atau tidak untuk direalisasikan. Selain itu, dengan mengenali aspek tersebut seseorang juga dapat menganalisa kebutuhan pasar sehingga strategi pemasaran berjalan dengan sukses.

Analisis Pesaing

Dengan dua juta kunjungan setiap harinya, Bukalapak merupakan salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia. Bukalapak juga mengklaim kalau 800 ribu penjual yang mereka miliki adalah yang terbanyak di antara e-commerce lainnya tanah air.
Hal itu diungkapkan Muhamad Fajrin Rasyid (Fajrin), Co-Founder sekaligus CFO dari Bukalapak, dalam acara Decode Jakarta yang berlangsung minggu lalu (23/3). Bagaimana sebenarnya cara Bukalapak menjadi begitu besar seperti sekarang walau baru berdiri pada tahun 2011 silam? Inilah empat strategi utama mereka.

Strategi Promosi

Bukalapak cenderung unik dibanding yang lain, BL kuat di komunitas di hampir semua kota besar, bahkan di kota-kota kecil komunitasnya sangat kuat. Bahkan sejak awal terbentuknya, Bukalapak dikenal dekat denagn komunitas sepeda.
Bukalapak yang merupakan situs e-commerce, menyasar dengan fokus segmen usaha kecil dan menengah (UKM). Potensinya masih besar sekali, karena Indonesia punya UKM lebih dari 50 juta, yang baru memakai Bukalapak 500 ribu.
Berdasarkan potensi tersebut, Bukalapak menargetkan untuk memiliki 2-3 juta pelapak ditahun 2016. Dan strategi marketing pun dibagi menjadi 2

Strategi Marketing Offline Bukalapak

Hadir dimana mana dan menyambutnya dengan social media. Untuk itu BL menetapkan harus hadir sesering mungkin di hadapan masyarakat. Itu sebabnya mereka rajin memasang iklan, baik di media sosial maupun di televisi, mirip dengan bagaimana Zalora mengenjot awareness ketika pertama hadir di Indonesia.
Demi meraih perhatian masyarakat Indonesia, Bukalapak memilih bentuk iklan komedi, seperti meniru gaya pesulap Deddy Corbuzier, atau menganalogikan pengguna mereka sebagai seorang pahlawan.
Offline Gathering
Acara Offline gathering yang membahas seputar strategi online marketing dan jual beli online yang digelar diberbagai kota di Indonesia. Kegiatan ini sudah dibangun sejak 2013 lalu dan masih terus konsisten bahkan semakin kuat. Hikmah strategi marketing ini, memberikan akuisisi user baru, dan loyalitas plus pengetahuan merchant seputar marketing online semakin baik.
Iklan TV untuk delivery content
Pengguna baru eCommerce/marketPlace disasar lewat media TV, Iklan di TV masih diperlukan untuk menggapai penonton yang lebih luas. Kita harus mengakui bahwa orang banyak mengakses TV kalau kita bicara mass audience terutama di daerah, terlebih TV bagus untuk content delivery. Hasilnya bisa dilihat dari analisa yang kami lakukan tentang Brand Perception Bukalapak, dan sentiment audience positif atau negatif.

Media Promosi Berbasis IT

Fokus Mengembangkan Aplikasi Mobile Melihat perkembangan perangkat mobile, Bukalapak memutuskan untuk fokus pada kanal marketing ini. Aplikasi mobile Bukalapak pun disukai oleh banyak pengguna dan kemudian terbukti kalau rating aplikasi Bukalapak menjadi yang tertinggi di Google Play dan Apple App Store untuk kategori e-commerce Indonesia.
Jika tahun 2015 lalu jumlah user yang men-download aplikasi Bukalapak baru 200 ribu, maka saat ini jumlahnya sudah melonjak di atas 5 juta. Hasilnya? saat ini, sekitar 61,9 persen transaksi di Bukalapak terjadi lewat perangkat mobile.
Analisa kebiasaan pelanggan juga jadi fokus utama, misalnya: Ketika disinggung tentang statistik uninstall aplikasi mobile, Fajrin mengatakan kalau Bukalapak sudah menganalisa hingga kemudian memiliki strategi khusus untuk mengatasi hal tersebut.
Contoh solusinya, seperti kode voucher yang hanya dapat digunakan lewat mobile aplikasi. Hikmahnya adalah membantu Bukalapak untuk mengurangi rasio kebiasaan uninstall dari pengguna bukalapak di smarthpone.
Dalam melakukan proses promosi ataumemasarkan produk e-commercenya iniBukalapak.com memiliki beberapa cara dalammemasarkan produknya agar dapat dikenal oleh banyak masyarakat yang luas. Beberapa strategi pemasaran Bukalapak.com akan ditampilkan pada gambar dibawah ini.
1. Pemasaran melalui Media Social
Pada era globalisasi ini hampir sebagain besar masyarakatnya menggunakan mediasocial yang dimana bukalapak juga memanfaatmedia social terssebut sebagai media untukmemperkenalkan produk e-commercenyakepada masyarakat luas. Instagram melimiki beberapa akun media social seperti Twitter,Facebook, Instagram.
2. Pemasaran melalui iklan televisi
Salah satu bentuk media periklanan yang banyak digunakan karena memiliki jangkauanyang luas adalah televisi. Karena itu Bukalapakmemanfaatkan media ini sebagai strategi pemasaran untuk mempromosikan perusahaandan menambah peluang bisnis.
3. Pemasaran melalui situs YouTube
Youtube adalah situs web video streamingyang sangat popular pada masa kini, bukalapak pun memasarkan e-commerce melalui youtube.Memasarkan melalui youtube merupakan halyang sangat efektik dalam mengajakkonsumennya untuk membeli barang di bukalapak dikarenakan juga jangkauankonsumennya lebih luas jika dibandingkandengan iklan TV bukan hanya dapat dilihat olehmasyarak Indonesia saja namun orang yang berada di luar negeri pun bisa melihat iklan bukalapak ini di youtube.

Aspek Keuangan

Komponen Biaya / Anggaran Pada BukaLapak

Anggaran merupakan suatu rencana yang disusun secara sistematis dalam bentuk angka dan dinyatakan dalam unit moneter yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan untuk jangka waktu ( periode) tertentu di masa yang akan datang. Oleh karena rencana yang disusun dinyatakan dalam bentuk unit moneter, maka anggaran seringkali disebut juga dengan rencana keuangan. Dalam anggaran, satuan kegiatan dan satuan uang menempati posisi penting dalam arti segala kegiatan akan dikuantifikasikan dalam satuan uang, sehingga dapat diukur pencapaian efisiensi dan efektivitas dari kegiatan yang dilakukan.
Anggaran Produksi
Anggaran produksi menurut Halim dan Supomo (1990:153) memuat tentang rencana unit yang diproduksi selama periode anggaran. Taksiran produksi ditentukan berdasarkan rencana penjualan dan persediaan yang diharapkan. Biaya produksi adalah sejumlah pengorbanan ekonomis yang harus dikorbankan untuk memproduksi suatu barang. Menetapkan biaya produksi berdasarkan pengertian tersebut memerlukan kecermatan karena ada yang mudah diidentifikasikan, tetapi ada juga yang sulit diidentifikasikan dan hitungannya. Biaya produksi dapat meliputi unsur-unsur komponen sebagai berikut :
  1. Bahan baku atau bahan dasar termasuk bahan setengah jadi
  2. Bahan-bahan pembantu atau penolong
  3. Upah tenaga kerja dari tenaga kerja kuli hingga direktur.
  4. Penyusutan peralatan produksi
  5. Uang modal, sewa
  6. Biaya penunjang seperti biaya angkut, biaya administrasi, pemeliharaan, biaya listrik, biaya keamanan dan asuransi
  7. Biaya pemasaran seperti biaya iklan
  8. Pajak
Penganggaran merupakan komitmen resmi manajemen yang terkait dengan harapan manajemen tentang pendapatan, biaya dan beragam transaksi keuangan dalam jangka waktu tertentu di masa yang akan datang.
Anggaran Biaya Bahan Baku
Anggaran biaya bahan baku menurut Munandar (2000:134) merupakan anggaran yang merencanakan secara lebih terperinci tentang biaya bahan baku untuk produksi selama periode yang akan datang, yang di dalamnya meliputi rencana tentang jenis (kualitas) bahan baku yang diolah, jumlah (kuantitas) bahan baku yang diolah, dan waktu (kapan) bahn baku tersebut diolah dalam proses produksi.
Anggaran Biaya SDM
Anggaran biaya tenaga kerja langsung merupakan anggaran yang merencanakan secara lebih terperinci tentang upah yang akan dibayarkan kepada para tenaga kerja langsung selama periode yang akan datang, yang di dalamnya meliputi rencana tentang jumlah waktu yang diperlukan oleh para tenaga kerja langsung untuk menyelesaikan unit yang akan diproduksi, tarif upah yang akan dibayarkan kepada para tenaga kerja langsung dan waktu (kapan) para tenaga kerja langsung tersebut menjalankan kegiatan proses produksi, yang masing-masing dikaitkan dengan jenis barang jadi (produk) yang akan dihasilkan, serta tempat (departemen) di mana para tenaga kerja langsung tersebut akan bekerja.
Anggaran Biaya Overhead Pabrik
Anggaran biaya overhead pabrik merupakan anggaran yang merencanakan secara lebih terperinci tentang beban biaya pabrik tidak langsung selama periode yang akan datang, yang di dalamnya meliputi rencana jenis biaya pabrik tidak langsung, jumlah biaya pabrik tidak langsung dan waktu (kapan) biaya pabrik tidak langsung tersebut dibebankan, yang masing-masing dikaiykan dengan tempat (departemen) dimana biaya pabrik tidak langsung tersebut terjadi.

Estimasi Biaya / Satuan Biaya Pada BukaLapak

Definisi  perkiraan  biaya  adalah  seni  memperkirakan  kemungkinan  jumlah biaya  yang diperlukan untuk suatu kegiatan yang didasarkan pada informasi yang tersedia pada waktu itu  (Iman  Soeharto_National  Estimating  Society USA),  berdasarkan  definisi, tersebut maka perkiraan biaya mempunyai pengertian sebagai berikut :
Perkiraan  biaya yaitu melihat, memperhitungkan dan mengadakan perkiraan atas hal hal yang akan terjadi selanjutnya Analisis  biaya  yang  berarti  pengkajian  dan pembahasan  biaya  yang  pernah ada  yang digunakan sebagai informasi yang penting Kualitas estimasi sangat ditentukan oleh :
  1. Tersedianya data dan informasi
  2. Teknik dan metode yang digunakan
  3. Kecakapan dan pengalaman estimator
  4. Tujuan pemakaian perkiraan biaya
Estimasi biaya memegang peranan penting dalam penyelenggaraan proyek konstruksi. Kegiatan estimasi adalah salah satu proses utama dalam proyek konstruksi untuk mengetahui besarnya dana yang harus disediakan untuk sebuah bangunan. Pada umumnya, sebuah proyek konstruksi membutuhkan biaya yang cukup besar. Ketidaktepatan yang terjadi dalam penyediaannya akan berakibat kurang baik pada pihak-pihak yang terlibat di dalamnya. Bagi pemilik proyek (owner), estimasi biaya diperlukan sebagai pegangan dalam menentukan kebijakan yang dipakai untuk menentukan besarnya investasi yang harus dilaksanakan.
Saat ini, Bukalapak memiliki empat juta penjual di platformnya. Bukalapak juga sudah memiliki 500 ribu warung dan 700 ribu usaha mikro independen di Indonesia yang terhubung platformnya. Ada dua layanan yang digunakan.
Pertama, Oracle Human Capital Management (HCM) Cloud yang diklaim bisa meningkatkan pengalaman karyawan. Karena data-datanya dikelola secara otomatis di komputasi awan (cloud) ini.
Kedua, Oracle Enterprise Resource Planning (ERP) Cloud sehingga tim keuangan dan pengadaan Bukalapak mendapat visibilitas penuh atas posisi keuangan perusahaan, serta efisiensi waktu dalam mengelola akun dan menutup pembukuan. Dengan begitu, Bukalapak punya banyak waktu untuk mengambil keputusan strategis lainnya. Saat ini, Bukalapak memiliki empat juta penjual di platformnya. Bukalapak juga sudah memiliki 500 ribu warung dan 700 ribu usaha mikro independen di Indonesia yang terhubung platformnya.
Oracle menawarkan kepada para startup akses ke platform cloud dan keahlian untuk membantu mereka memahami lanskap pasar dan membawa inovasi mereka ke pasar. Indonesia menjadi pasar yang menarik karena ada lebih dari 260 juta orang populasi muda dan tingkat penetrasi ponsel pintar  (smartphone) sekitar 45% dari total penduduk.

Time Value of Money dan Tingkat Suku Bunga

Suku bunga adalah persentase tertentu yang diperhitungkan dari pokok pinjaman yang harus dibayarkan oleh debitur dalam periode tertentu, dan diterima oleh kreditur sebagai imbal jasa. Imbal jasa ini merupakan suatu kompensasi kepada pemberi pinjaman (kreditur) karena telah merelakan debitur (peminjam dana) untuk mendapatkan manfaat dari dana yang dimilikinya, alih-alih menggunakannya untuk tujuan lain.
Suku Bunga Suku Bunga sebesar 9,00% / tahun (efektif) atau setara dengan 0,41% / bulan (flat). Suku bunga dihitung berdasarkan suku bunga flat per bulan yang disetarakan dengan suku bunga efektif per tahun. Suku bunga flat yang dikenakan sesuai dengan tingkat suku bunga yang berlaku pada produk dengan tetap memperhatikan tingkat Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) Bank.

Kriteria Investasi

Pada 2014, Bukalapak mendapatkan pendanaan segar dari Emtek Group. Pemilik stasiun televisi SCTV ini mengumumkan investasi Seri B di Bukalapak. Sayangnya, nilai investasinya tidak disebutkan. Namun, dari laporan keuangan Emtek ini, kita bisa sedikit tahu tentang “dapur” Bukalapak sekaligus transaksinya.
Berdasarkan laporan keuangan Emtek tahun 2015, diketahui bahwa kelompok usaha tersebut memiliki saham Bukalapak hingga 49 persen. Kepemilikan itu diperoleh secara bertahap. Emtek mulai masuk ke Bukalapak lewat anak perusahaanya PT Kreatif Media Karya pada 6 November 2014. Mereka mengakuisisi 19,68 persen atau 459.200 lembar saham Bukalapak dengan nilai investasi Rp29,4 miliar.
Pada 9 Januari 2015, Emtek kembali menambah investasi dengan suntikan dana Rp123,69 miliar, kepemilikan mereka pun bertambah jadi 42,74 persen. Pembelian inilah yang heboh di media. Sayang waktu itu, Bukalapak memilih angka penanambahan modal tak diungkap ke publik. Lantas pada Agustus 2015, Emtek kembali melakukan pembelian saham dengan 351.959 saham baru bernilai Rp215,4 miliar. Dana segar ini membuat Emtek menguasai 49 persen saham Bukalapak hingga saat ini.
Bukalapak berinovasi di sektor ekonomi melalui BukaReksa. Dengan BukaReksa, Bukalapak memperluas investasi. Terbaru, Bukalapak menggandeng tanamduit sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang memiliki lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Bukalapak dan tanamduit menghadirkan 3 manajer investasi dan 5 produk investasi baru. Ketiga manajer investasi Bukalapak yakni Bahana TCW Investment Management, Batavia Prosperindo Asset Management, dan Sucorinvest Asset Management.Selain itu, 5 produk investasi baru yang hadir di BukaReksa adalah Bahana MES Syariah, Batavia Dana Dinamis, Sucorinvest Sharia Equity Fund, Sucorinvest Maxi Fund, dan Batavia Dana Saham.
Bekerja sama dengan tanamduit, sekarang seluruh investor BukaReksa bisa makin mengembangkan portofolio investasinya melalui 5 produk investasi baru.Kelima produk investasi baru yang bekerja sama dengan tanamduit bervariasi jenisnya. Mulai dari Reksa Dana Pendapatan Tetap, Reksa Dana Campuran, hingga Reksa Dana Saham.Disebutkan, tiap jenis investasi memiliki return, risiko, dan jangka waktu investasi yang berbeda-beda. Investor bisa dengan leluasa membeli produk investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan profilnya masing-masing. Kerjasama dengan Bukalapak melalui fitur BukaReksa, sebagai gerai reksa dana sesuai dengan SEOJK no. 51 tahun 2016.

Pencatatan Keuangan Sederhana

Catatan keuangan merupakan alat atau sarana yang dipakai perusahaan dalam berkomunikasi dengan pihak lain yang berkepentingan terhadap perusahaan. Pihak yang berkepentingan dengan catatan keuangan perusahaan:
  • Pemilik perusahaan
  • Kreditur
  • Investor
  • Bank
  • Dan pihak lainnya
Data milik Bukalapak menyebutkan ada sekitar 2 juta pelapak yang berjualan di Bukalapak pada akhir 2017. Angka tersebut tentunya akan semakin bertambah seiring semakin banyaknya orang-orang yang akan berdagang online. Bahkan CEO Bukalapak Ahmad Zaky menargetkan di tahun 2018 ini Bukalapak memiliki 4 juta pelapak. Angka tersebut cukup besar. Tetapi masih ada kendala yang sering ditemukan pada pedagang-pedagang di Marketplace. Salah satunya perihal pembukuan, karena sistem di marketplace sendiri hanya mencatat biaya penjualan beserta ongkos kirim saja. Dalam urusan pencatatan keuangan dan hal lainnya Buklapak telah menyediakan server tersendiri dan khusus bagi para pegawai atau staf yang bersangkutan untuk mengakses data tersebut.

Sumber :
https://finance.detik.com/solusiukm/d-3159193/cerita-bos-bukalapakcom-modal-0-sampai-disuntik-miliaran-oleh-investor-jepang

Komentar

Postingan Populer